Selasa, 17 Januari 2012

Asal Mula dan Sejarah Sepakbola

Dulunya, sejarah sepakbola bisa dikatakan unik sekaligus menakutkan, sebab ketika belum ada peraturan FIFA, sebakbola menjadi olahraga yang anarkis. Para pemainnya bahkan saling menyerang dengan tidak terkendali. Ahlasil meskipun sama-sama dilakukan dengan memasukkan bola ke jaring/gawang tapi karena penuh dengan kekerasan, di Inggris permainan ini sempat dilarang dalam jangka waktu yang lama. Dan hal tersebut tak lain karena anarkisme para pemainnya. Untuk waktu tepatnyasejarah sepakbola ini bermula, sebenarnya cukup sulit dipastikan.
Berdasarkan beberapa sumber, disebutkan bahwa sejarah sepakbola bermula ketika masyarakat Cina melakukan permainan dengan menggiring bola kemudian menggiringnya ke dalam jaring. Permainan tersebut dimulai pada Dinasti Han pada sekitar abad ke-2 dan ke-3. Permainan ini juga dilakukan di Jepang, di negeri sakura ini permainan menggiring bola disebut dengan Kemari. Dengan begitu sebenarnya bisa disimpulkan jika cikal bakal permainan sepakbola dimulai dari Asia. Hanya saja dalam perjalanannya, pada akhirnya Eropa lah yang lebih dulu membuat sepakbola menjadi olahraga modern dengan membenahi beberapa peraturannya. Tapi sebenarnya kalau dirunut sepakbola di Eropa baru dimulai pada abad ke-16, di mana kala itu dimainkan di Italia dan itu artinya dalam sejarah sepakbola, China dan Jepang lah pionirnya.


Sejarah Sepakbola dan Pembentukan FIFA
Sejarah sepakbola mencatat bahwa di Inggris permainan ini sempat dilarang oleh Raja Edward III karena permainan ini dilakukan dengan anarkis sehingga banyak orang yang terluka dalam permainan ini. Keputusan Raja Edward untuk melarang permainan sepakbola juga didukung oleh Raja James I dari Skotlandia. Sebagai akibatnya, sepakbola tidak lagi dimainkan dalam kurun waktu yang lama. Sampai akhirnya sepakbola mulai dimainkan di kalangan pelajar, perubahan besar terjadi ketika beberapa pelajar bertemu dan membahas aturan permainan sepakbola. Hal tersebut terjadi pada tahun 1860 an. Pada tahun-tahun tersebut sepakbola pun berkembang dengan cepat di berbagai negara di dunia, pelaut dan pedaganglah yang turut memperkenalkannya. Permainan sepakbola pun makin banyak di gemari di dunia. Dan pada 1904 dibentuklah asosiasi tertinggi sepak bola dunia yang dikenal dengan FIFA, sejak saat itu sejarah sepakbola mencatat jika kompetisi-kompetisi  pun mulai bermunculan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar